Translator

Kamis, 08 September 2011

Cara Menulis Dengan Huruf Arab di Windows XP

Ada banyak cara agar kita bisa menulis dan mengolah ayat-ayat yang ada didalam Al-Qur’an, salah satunya adalah dengan menggunakan komputer. Selain dapat dicetak di atas media lain, tulisan ini pun bisa disimpan sebagai dokumen atau data pada sebuah Web Internet.
Bagi anda pemakai OS Windows, pasti sudah terbiasa mengolah tulisan dengan WordPad, NotePad, atau Microsoft Word. Menulis dengan huruf latin adalah biasa. Tetapi ketika akan menulis dengan huruf Arab, misalnya ayat Al-Qur’an, Hadits Nabi, atau tulisan Arab lainnya, akan muncul kesulitan karena anda belum tahu bagaimana cara menulis atau mengetiknya.
Untuk memudahkan pengetikan, sangat diperlukan keyboard Arabic. Hampir semua toko atau Outlet penjual peralatan komputer menyediakannya dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan keybord biasa. Kalaupun belum sempat membelinya, kita bisa mempergunakan Virtual Keyboard bawaan dari Windows XP yaitu On-Screen Keyboard.
Bagi yang Windows XP-nya belum di install Arabic Languages ( biasanya di atur pada saat install Windows XP ke Hard Disk pertama kali ) jangan kecewa, ada cara lain untuk meng-install-kan Arabic Languages ke komputer anda. Sedikit akan saya beritahukan langkah-langkahnya :

1.     Klik Start kemudian pilih Control Panel dan buka Regional And Language Options pilih Tab Languages dan beri tanda checklist di Install files for complex script and right-to-left languages (includingThai). Akan terlihat seperti gambar dibawah ini :


2.     Masukan CD Windows XP SP1/SP2 di CD/DVD ROM anda dan Klik Ok

3.     Setelah proses install selesai, Windows akan meminta restart, klik Ok.

4. Untuk memunculkan On-Screen Keyboard Arabic Languages, Klik lagi Start kemudian pilih Control Panel dan buka Regional And Language Options pilih Tab Languages dan klik Details dan akan terlihat seperti gambar dibawah ini :


5.     Kalau belum ada tampilan On-Screen Keyboard Arabic (Saudi Arabia) ·Arabic (101) atau 
      ·Arabic (102) seperti gambar diatas, klik Add dan akan tampak seperti gambar dibawah ini :

     
     Pilih di Input Languages: dengan Arabic (Saudi Arabia) dan Keyboard layout/IME:
     dengan Arabic (101) dan Arabic (102).

6.     Untuk Install dan Settingannya sudah selesai, hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini :




Tips dan Trick :     
 Untuk menukar mode keyboard dari English (EN) ke Arabic (AR), ada 2 cara :
  • Cara Pertama : Dengan menggunakan Mouse, klik sebelah pojok kiri bawah pada layar monitor, ganti  EN ke AR. Lihat seperti gambar dibawah ini :
  • Cara Kedua : Dengan menggunakan Keyboard, tekan dan tahan SHIFT kemudian kombinasikan dengan   ALT ( Tombol ALT ditekan sesuai dengan kebutuhan ), pada saat menekan kombinasi keyboard  tersebut,  di Languages Bar ENIN dan AR akan terlihat bergantian. Setelah terpilih AR  (Arabic) lepaskan tombol ALT.

    Jika ingin menambah inisial pemakaian huruf arab, dapat kita pergunakan :
        Fathah SHIFT + Q
        Kasroh SHIFT + A
        Dhomah SHIFT + E
        Fathah Tanwin SHIFT + N
        Kasroh Tanwin SHIFT + S
        Dhomah Tanwin SHIFT + R
        Tasdid SHIFT + ~
        Sukun SHIFT + X


1 komentar:

Tulis Komentar Anda Dibawah Ini :