Translator

Senin, 12 April 2010

"Si Gigi Biru" ( Bluetooth )



Untuk menambah wawasan mengenai Bluetooth, berikut ini pandangan Andi Zain, Business Manager inTouch, sebuah perusahaan asing yang berbasis di Singapura.

Bluetooth merupakan sebuah teknologi gelombang radio, dimana Bluetooth berfungsi sebagai media komunikasi yang menghubungkan sebuah device/peranti Bluetooth dengan perangkat lainnya tanpa kabel pada jarak dekat. Ada perbedaan mendasar antara teknologi Bluetooth dengan Infra Red. Dengan menggunakan device Bluetooth, maka komunikasi Anda sudah tidak lagi dibatasi oleh posisi yang harus berhadap-hadapan, jangkauan Bluetooth lebih jauh dibandingkan jangkauan Infra Red.
Teknologi ini juga berbeda dengan WAP. Salah satu perbedaannya, WAP memerlukan pembangunan infrastruktur, sedangkan Bluetooth tidak. Bluetooth dapat dianalogikan sebagai kakaknya Infra Red, sedangkan WAP bersaudara dengan Internet.
Teknologi akan lebih bermanfaat jika semua peralatan teknologi informasi sehari-hari, seperti modem, printer, mesin faksimili, dan lainnya juga telah berkemampuan Bluetooth, sehingga tren baru mengenai jaringan pribadi (Personal Area Network) dapat segera Anda nikmati.
Prospek Bluetooth itu sendiri sangat bagus, karena dapat Anda bayangkan bahwa Anda dapat berkomunikasi tanpa kabel dengan jarak kurang lebih 10 meter. Misalnya, penggunaannya di ponsel. Ketika Anda akan berkomunikasi jarak jauh, Anda dapat menggunakan GSM dan jika Anda ingin berkomunikasi dengan jarak dekat Anda dapat menggunakan teknologi Bluetooth.
(Sumber: Majalah PC Media, edisi: 10 Juni 2001)

0 komentar:

Poskan Komentar

Tulis Komentar Anda Dibawah Ini :