Translator

Senin, 12 April 2010

Tips Belanja di Virtual Mall

Menjamurnya e-commerce di Indonesia, menimbulkan berbagai dampak positif dan negatif. Positifnya, anda tidak perlu lagi mengunjungi pasar-pasar atau supermarket untuk membeli suatu barang. Negatifnya, keamanan bertransaksi di dunia ini belum terjamin 100%. Untuk itu, ada baiknya Anda perhatikan beberapa tip untuk keamanan bertransaksi di dunia maya. Keamanan itu akan kami bagi sebagai berikut:
  1. Pastikan Virtual Mall mempunyai lokasi fisik yang jelas, seperti alamat dan nomor telepon (bukan nomor ponsel).
  2. Pastikan alamat URL-nya jelas, bukan menggunakan alamat URL gratisan. Jangan belanja dari alamat domain yang disalahgunakan, misalnya menggunakan domain .org atau .or.id. Pilihlah situs yang sudah Anda kenal.
  3. Baca dengan jelas aturan dan ketentuan pemesanan produk yang ada, jangan sampai salah memesan produk. Bila perlu, cetak (prin out) pesanan Anda agar bisa di konfirmasi apabila ada masalah. 
  4. Yakinkan bahwa data kartu kredit yang Anda berikan dijamin keamanannya dari pencurian data. Sebelumnya, cek terlebih dahulu limit kartu kredit Anda dan pastikan bahwa Anda akan diberikan rincian pembelian.
  5. Simpan User ID dan Password Anda jangan sampai digunakan oleh orang lain yang tidak berkepentingan.
  6. Jangan terpengaruh dengan pengiriman yang gratis atau murah, lebih baik keluar biaya tambahan agar pesanan aman. Pastikan semua produk yang dipesan, mempunyai spesifikasi yang jelas, seperti warna, berat, bahan, dimensi dan harga.
  7. Yakinkan, semua data yang Anda kirim (nama, alamat, nomor telepon, email dan sebagainya), tidak diperjualbelikan kepada pihak manapun. Kirim sebuah email untuk menanyakan informasi dan sebagainya, bila dalam 1x24 jam tidak ada balasan, Virtual Mall tersebut pantas dipertanyakan (kecuali hari libur atau ada pemberitahuan sebelumnya).
(Sumber: Majalah PC Media, edisi: 10 Juni 2001)

0 komentar:

Poskan Komentar

Tulis Komentar Anda Dibawah Ini :